Key Performance Indicator (KPI) atau dalam Bahasa Indonesia sering disebut Indikator Kinerja Utama (IKU) merupakan sebuah perangkat manajemen yang digunakan untuk mengukur kinerja, mulai dari perusahaan, divisi, departemen, sampai kepada karyawan secara personal (proses cascading KPI disesuaikan dengan struktur organisasi). Jika Anda belum memahami apa itu Key Performance Indicator (KPI), silahkan baca artikel manajemen kami sebelumnya tentang Pengertian KPI.
 

Implementasi KPI

 
Saat ini banyak perusahaan yang telah mengimplementasikan KPI. Setelah mengimplementasikan KPI, ada pertanyaan mendasar yang harus dijawab, yaitu, apakah KPI yang diimplementasikan sudah benar-benar dapat membantu perusahaan dalam peningkatan produktivitas? Atau sebaliknya, justru menjadi kontraproduktif terhadap usaha peningkatan produktivitas perusahaan.

Temuan kami sebagai Konsultan Manajemen di beberapa perusahaan, penetapan dan implementasi KPI masih terkesan asal asalan, seadanya atau yang penting ada, parsial dan tidak implementatif. Bahkan ada yang menetapkan KPI dengan “meniru” KPI yang diunduh dari internet. Menyangkut temuan yang terakhir, perlu diingat bahwa:

Masing-masing perusahaan itu unik, sehingga KPI perusahaan juga akan unik

Jadi,

Tidak bisa meniru KPI perusahaan lain, meskipun memiliki bidang usaha atau bisnis yang sama

Hati-hati dalam penetapan dan implementasi KPI, karena kalau salah, KPI justru akan menjadi kontraproduktif terhadap usaha peningkatan produktivitas perusahaan. Bahkan, bukan hanya itu saja, lebih buruk lagi, KPI bisa menjadi sumber konflik perusahaan, entah itu antar level manajemen, atau antar bagian dalam satu level manajemen, maupun antar karyawan yang ada di perusahaan.
 

Manfaat Penetapan KPI

 
KPI harusnya menjadi salah satu perangkat manajemen dalam usaha peningkatan produktivitas perusahaan dalam pencapaian Visi, Misi, Tujuan serta Goal perusahaan, melalui:

  • Penyelarasan pencapaian Visi, Misi, Tujuan serta Goal dengan aktivitas operasional perusahaan, baik secara vertikal (antar level manajemen), maupun secara horisontal (antar bagian dalam satu level manajemen).
  • Peningkatan efektivitas dalam penentuan target kinerja pada level Top Management, Middle Management, Lower Management, sampai pada level Non-Management.
  • Berbagai manfaat penetapan KPI yang lain.

Catatan:
Terkait berbagai manfaat penetapan KPI yang lain, silahkan baca artikel manajemen kami sebelumnya tentang Pengertian KPI.
 

Perusahaan Anda belum memiliki KPI? Atau, implementasi KPI di perusahaan Anda belum efektif? Ingin Perusahaan Anda memperoleh manfaat-manfaat positif dan nyata dari implementasi KPI? Silahkan konsultasikan dengan kami, atau ikuti Program Manajemen kami, yaitu Program Pengembangan System (System Development Program).

Demikian artikel manajemen singkat kami tentang KPI Yang Kontraproduktif. Terima kasih.

Sukses selalu.

PT. Masen Putra Indonesia

“Excellence For Excellent”

PT. Masen Putra Indonesia | Konsultan Manajemen Dan Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.