Sebelum kita membahas tentang pengertian Key Performance Indicator (KPI) atau dalam Bahasa Indonesia sering disebut sebagai Indikator Kinerja Utama (IKU), ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa sebenarnya pengertian kinerja. Kinerja secara sederhana dapat diartikan sebagai tingkat pencapaian hasil kerja seseorang atau sekelompok orang dalam kurun waktu tertentu, sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan.
 

Pengertian KPI

 
Setelah kita mengetahui pengertian kinerja, sekarang kita bahas mengenai pengertian Key Performance Indicator (KPI). Apa pengertian KPI? KPI merupakan serangkaian indikator kunci terkait kinerja organisasi, yang bersifat terukur dan dapat memberikan informasi tentang pencapaian tujuan organisasi.
 

Penetapan KPI Penting Bagi Perusahaan

 
Setidaknya ada 2 alasan utama kenapa KPI penting bagi perusahaan, yaitu:

  • Adanya kinerja atau hasil pekerjaan yang tidak terukur secara tepat
  • Adanya pertentangan aktivitas operasional dalam perusahaan, baik antar level manajemen, maupun antar bagian dalam satu level manajemen, dengan kata lain, tidak ada keselarasan langkah dalam pencapaian Visi, Misi, Tujuan serta Goal perusahaan

Itulah alasan-alasan utama kenapa perusahaan harus menetapkan KPI sebagai salah satu perangkat manajemen dalam usaha peningkatan produktivitas perusahaan dalam pencapaian Visi, Misi, Tujuan serta Goal perusahaan.

Gambar Goals Roll Down Dan Key Performance Indicator (KPI)

Gambar di atas menunjukkan adanya keselarasan KPI yang ditetapkan oleh perusahaan. KPI perusahaan diturunkan dan diterjemahkan menjadi KPI Direktur (Top Management Level) dan seterusnya sampai pada KPI karyawan Non-Management Level.
 

Tujuan Penetapan KPI

 
Adapun tujuan penetapan KPI bagi perusahaan adalah sebagai berikut:

  • Untuk menyelaraskan visi, misi dan tujuan serta goal perusahaan dengan aktivitas operasional perusahaan, baik secara vertikal (antar level manajemen), maupun secara horisontal (antar bagian dalam satu level manajemen).
  • Untuk mengevaluasi dan mengukur kinerja perusahaan secara tepat. Karena KPI bersifat terukur, maka kinerja perusahaan dapat dengan mudah dan tepat diukur, apakah terjadi peningkatan atau penurunan kinerja perusahaan dari waktu ke waktu.
  • Untuk menentukan target kinerja pada level Top Management, Middle Management, Lower Management, sampai pada level Non-Management. Dengan adanya penentuan target kinerja, SDM menjadi semakin mengerti kinerja seperti apa yang diharapkan oleh perusahaan.
  • Untuk memudahkan dalam pencarian referensi bagi perusahaan dalam pemetaan dan penyusunan program pelatihan bagi SDM perusahaan.
  • Untuk memudahkan dalam pemberian penghargaan (reward) kepada SDM yang berprestasi.
  • Untuk menghilangkan model penilaian ‘like-dislike‘ terhadap SDM perusahaan. Dengan ditetapkannya KPI yang bersifat terukur, maka dasar penilaian kinerja SDM akan jauh lebih objektif.

 

Manfaat Penetapan KPI

 
Berdasarkan tujuan penetapan KPI, maka dapat disimpulkan manfaat penetapan KPI bagi perusahaan adalah sebagai berikut:

  • Adanya keselarasan dalam pencapaian visi, misi, tujuan serta goal perusahaan dengan kebijakan, program, sampai dengan aktivitas operasional perusahaan, baik secara vertikal (antar level manajemen), maupun secara horisontal (antar bagian dalam satu level manajemen).
  • Evaluasi dan pengukuran kinerja perusahaan menjadi tepat.
  • Penentuan target kinerja pada level Top Management, Middle Management, Lower Management, sampai pada level Non-Management, menjadi semakin efektif.
  • Perusahaan memiliki referensi yang jelas dan terukur dalam pemetaan dan penyusunan program pelatihan bagi SDM perusahaan.
  • Pemberian penghargaan (reward) kepada SDM yang berprestasi menjadi lebih mudah.
  • Tidak adanya lagi model penilaian ‘like-dislike‘ terhadap SDM perusahaan.

 

Apakah perusahaan Anda belum memiliki KPI, sehingga kinerja perusahaan Anda tidak dapat diukur dengan tepat? Apakah perusahaan Anda telah memiliki KPI, namun tidak implementatif dan tidak efektif? Jika kinerja perusahaan Anda belum dapat diukur dengan tepat atau jika terdapat ketidakselarasan langkah dalam pencapaian Visi, Misi, Tujuan serta Goal perusahaan, baik antar level manajemen, maupun antar bagian dalam satu level manajemen, silahkan konsultasikan dengan kami, atau ikuti salah satu Program Manajemen kami, yaitu Program Pengembangan Sistem (System Development Program).

Demikian artikel manajemen singkat kami tentang Pengertian KPI. Terima kasih.

Sukses selalu.

PT. Masen Putra Indonesia

“Excellence For Excellent”

PT. Masen Putra Indonesia | Konsultan Manajemen Dan Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *