Tujuan Utama Program

 
Tujuan utama dari Program Pengembangan Sistem (System Development Program) adalah untuk membantu perusahaan dalam perbaikan dan pengembangan sistem manajemen dalam rangka pelaksanaan manajemen yang lebih efektif dan efisien.
 

Perbaikan Sistem Manajemen

 
Yang dimaksud dengan perbaikan sistem manajemen perusahaan adalah perbaikan yang dilakukan pada perusahaan yang sudah diimplementasikan perangkat manajemen, seperti, Key Performance Indocator (KPI), Standard Operating Procedure (SOP) dan perangkat manajemen lainnya, namun tidak ada perubahan signifikan yang terjadi, dan manfaat dari implementasi perangkat manajemen tersebut tidak dapat dirasakan oleh para pemangku kepentingan (Stake Holder) perusahaan, seperti Direktur, Manejer, Supervisor, Karyawan Non-Management Level dan pelanggan (customer), serta semua pihak yang memiliki kepentingan terhadap perusahaan.
 

Pengembangan Sistem Manajemen

 
Yang dimaksud dengan pengembangan sistem manajemen perusahaan adalah pengembangan sistem manajemen perusahaan melalui implementasi perangkat manajemen baru dan yang belum pernah diimplementasikan di perusahaan, seperti:

  • ISO (9001, 14001, 18001, 22000, 26000)
  • Standar Nasional Indonesia (SNI)
  • Lean Manufacturing
  • Management Operating System (MOS)
  • Balanced Scorecard (BSC)
  • Key Performance Indicator (KPI)
  • Standard Operating Procedure (SOP)
  • 5S
  • Perangkat Manajemen lainnya.

 

Kenapa Sistem Manajemen Yang Efektif & Efisien Penting Bagi Perusahaan?

 
Untuk menjelaskan secara singkat kenapa sistem manajemen yang efektif dan efisien penting bagi perusahaan, silahkan lihat gambar di bawah ini:

Kenapa Sistem Manajemen Yang Efektif & Efisien Penting Bagi Perusahaan?

Terlihat pada gambar yang berwarna merah, bahwa jika Sistem Manajemen yang diimplementasikan perusahaan tidak efektif dan efisien, maka kondisi tersebut akan menyebabkan perusahaan tidak memiliki keseragaman langkah dalam mencapai visi, misi dan tujuan perusahaan. Akibatnya, tingkat produktivitas perusahaan rendah, dengan kata lain perusahaan tidak efektif dan efisien (boros) dalam menjalankan aktivitas operasional. Pemborosan yang terjadi, juga menyebabkan produksi biaya tinggi. Dengan produksi biaya tinggi, disamping profit rendah, juga berakibat pada harga jual produk yang mahal. Harga jual produk yang mahal, menyebabkan perusahaan akan kalah bersaing. Jika kondisi ini dibiarkan, lama kelamaan perusahaan akan mengalami kebangkrutan.

Sebaliknya, terlihat pada gambar yang berwarna hijau, jika sistem manajemen yang diimplementasikan perusahaan efektif dan efisien, maka perusahaan pasti akan memiliki keseragaman langkah mulai dari level manajemen teratas (Top Management Level) sampai pada Non-Managerial Level, dalam pencapaian visi, misi dan tujuan perusahaan. Dengan adanya keseragaman langkah ini, membuat tingkat produktivitas perusahaan tinggi, dan perusahaan akan sangat efetif dan efisien dalam menjalankan aktivitas operasionalnya. Dengan efektivitas dan efisiensi tinggi (hemat biaya), selain menghasilkan profit yang tinggi, perusahaan juga dapat menetapkan harga jual produk yang kompetitif. Dengan harga jual produk yang kompetitif, perusahaan akan menang dalam persaingan, sehingga pada akhirnya perusahaan akan survive dan sukses.
 

Demikian sekilas penjelasan tentang Program Pengembangan Sistem (System Development Program). Jika ada yang ingin anda tanyakan terkait dengan Program Manajemen ini, silahkan hubungi kami.

Lihat juga Program Manajemen kami yang lain, sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda.

 
Terima kasih. Sukses selalu.

PT. Masen Putra Indonesia

“Excellence For Excellent”

PT. Masen Putra Indonesia | Konsultan Manajemen Dan Bisnis