Pandemi Covid-19 sedang melanda dunia, tidak terkecuali juga melanda negara kita Indonesia. Pada sektor bisnis, hampir semua sektor bisnis terdampak oleh Pandemi Covid-19 ini. Kondisi bisnis yang memburuk akibat pandemi, menyebabkan perusahaan berusaha keras menyusun strategi untuk dapat tetap mempertahankan tingkat profit atau setidaknya dapat bertahan melewati Pandemi Covid-19.
 

Peningkatan Penjualan Bukan Strategi Profit Terbaik Di Tengah Covid-19

 
Untuk dapat mempertahankan tingkat profit atau setidaknya dapat bertahan melewati Pandemi covid-19, strategi apa yang tepat untuk diimplemetasikan? Apakah meningkatkan penjualan masih merupakan strategi yang tepat untuk menjaga tingkat profit? Meningkatkan penjualan boleh-boleh saja, tapi kalau melihat kenyataan dimana daya beli sebagian besar masyarakat menurun, strategi peningkatan penjualan bukan merupakan pilihan terbaik saat ini. Jadi, apa strategi terbaik untuk menjaga tingkat profit di tengah Pandemi Covid-19?
 

Formula Profit

 
Sebelum kita membahas mengenai strategi apa yang tepat untuk mempertahankan tingkat profit di tengah Pandemi COVID-19 ini, perlu kita lihat kembali Formula Profit dan variabel apa saja yang dapat menentukan profit. Sebenarnya mengenai Formula Profit atau Rumus Profit sudah pernah kami bahas pada artikel manajemen sebelumnya, yaitu pada artikel Antara Penjualan Dan Efisiensi dan Formula Profit Terbaik. Formula Profit atau Rumus Profit ini akan sering kami bahas kembali pada artikel-artikel manajemen selanjutnya sebagai pengingat bahwa Profit itu bukan 100% ditentukan oleh penjualan.

Formula atau Rumus Perhitungan Profit:

Profit = Pendapatan – Biaya

 

Catatan:

  • Pendapatan berasal dari penjualan
  • Profit diperoleh ketika pendapatan lebih tinggi dari biaya

Dari formula profit diatas, terlihat bahwa ada 2 variabel yang mempengaruhi profit, yaitu pendapatan dan biaya. Jadi perlu ditekankan bahwa:

Profit tidak hanya ditentukan oleh Penjualan, tapi juga ditentukan oleh Biaya.

 

Strategi Profit Terbaik Di Tengah Covid-19

 
Seperti yang disampaikan sebelumnya bahwa di tengah Pandemi COVID-19 ini, dimana daya beli masyarakat menurun, strategi untuk mempertahankan tingkat profit melalui peningkatkan penjualan bukan merupakan pilihan terbaik, maka dari formula profit di atas, pilihan kita selanjutnya adalah membuat dan mengimplementasikan strategi yang terkait dengan biaya. Apa yang bisa kita lakukan dengan biaya?

Tinggi dan rendahnya biaya jelas akan mempengaruhi tingkat profit. Hubungan antara biaya dengan profit adalah berbanding terbaik, artinya, semakin besar biaya semakin kecil profit, begitupun sebaliknya. Semakin kecil biaya, semakin besar profit. Atau dengan kata lain, biaya merupakan variabel pengurang dalam profit.

Tingkat penjualan yang tinggi tidak akan berdampak signifikan terhadap tingkat profit, jika kita boros dalam biaya.

Jadi, dari penjelasan diatas, jelaslah bahwa,

Strategi terbaik untuk menjaga tingkat profit atau bahkan meningkatakan profit di tengah Pandemi Covid-19 adalah efisiensi biaya.

Namun, perlu diingat,

Efisiensi biaya harus dilakukan secara tepat, karena jika tidak, efisiensi biaya justru akan mengganggu operasional perusahaan dan menjadi kontraproduktif terhadap usaha untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan profit.

 

Kesimpulan

 
Penjualan memang menjadi faktor utama dalam keberlangsungan hidup atau eksistensi dan kesuksesan sebuah perusahaan. Namun, di tengah Pandemi Covid-19, strategi peningkatan penjualan bukan merupakan pilihan terbaik. Strategi terbaik untuk menjaga tingkat profit atau bahkan meningkatakan profit di tengah Pandemi Covid-19 adalah efisiensi biaya.
 

Ingin menjaga tingkat profit atau bahkan meningkatakan profit di tengah Pandemi Covid-19? Silahkan konsultasikan dengan kami atau ikuti salah satu Program Manajemen kami, yaitu Program Efisiensi Biaya. Kami Ahli Efisiensi.

Demikian artikel manajemen singkat kami tentang Profit Di Tengah Covid-19. Terima kasih.

Sukses selalu.

PT. Masen Putra Indonesia

“Excellence For Excellent”

PT. Masen Putra Indonesia | Konsultan Manajemen Dan Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.